Prosedur Permohonan Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKKPR)

Seperti kita tahu, sejak berlakunya OSS, prosedur perizinan apotek sekarang rumit sekali. Salah satu berkas penting yang harus disertakan saat mengajukan permohonan surat izin apotek (SIA) adalah Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKKPR). Istilah zaman dulu, Izin Tata Ruang. 


Untuk mengajukan pemohonan PKKPR, kita harus datang langsung ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Lamongan. Tidak bisa secara daring. Berkas yang diperlukan sangat ditentukan oleh status tanah dan bangunan yang digunakan untuk apotek. 


Makin rumit status tanah dan bangunan, makin rumit prosedurnya. Prosedurnya akan lebih ringkas kalau semua dokumen atas nama satu orang, yaitu pemilik sarana apotek. 


Berikut berkas pokok yang diperlukan:


  1. Permohonan Registrasi PKKPR (formulir bisa diunduh di sini)

  2. Surat Pernyataan Terkait Tata Ruang, bermaterai (formulir bisa diunduh di sini)

  3. KTP pemilik sarana apotek (Direktur PT)

  4. Nomor Induk Berusaha (NIB)

  5. NPWP atas nama Perseroan Terbatas

  6. Surat Keputusan Perseroan Terbatas

  7. Sertifikat Administrasi Hukum Umum (AHU) Perseroan Terbatas

  8. Printscreen Shareloc Google Maps

  9. Foto depan apotek dan informasi geotag (titik koordinat)

  10. Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan (SPPL)

  11. Sertifikat hak milik (SHM)/perjanjian sewa

Jika nama di SHM adalah nama ayah atau istri/suami, maka diperlukan Kartu Keluarga untuk menyambungnya

  1. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)/Persetujuan Bangunan Gedung (PBG)

Jika nama di IMB adalah pemilik lama, yang sudah pindah tangan ke pemilik baru, maka diperlukan Akta Jual Beli untuk menyambungnya

  1. Denah Apotek (layout bangunan apotek)

  2. Siteplan Apotek (posisi bangunan apotek terhadap jalan raya dan bangunan sekitar)


Berkas nomor 12 dan 13 ini sebetulnya harus digambar secara profesional oleh insinyur sebab skalanya harus tepat. Tapi untuk menghemat biaya, kita bisa menggambar sendiri dengan program desain yang user-friendly, misalnya EdrawMax. Program ini mudah digunakan, bahkan oleh mereka yang tidak paham desain, karena tinggal drag and drop saja.








EdrawMax bisa diunduh dan diinstal di laptop. Versi trial-nya bisa digunakan gratis secara terbatas. Cukup untuk membuat desain sederhana bangunan apotek. Setelah satu desain, biasanya masa trial habis dan tidak bisa lagi digunakan secara gratis. 


Kalau masa trial EdrawMax sudah habis, tapi kita masih perlu menggambar, kita bisa memakai aplikasi online gratis lainnya, misalnya https://app.diagrams.net/ Aplikasi ini butuh internet karena kita menggambar online. Beda dengan EdrawMax yang tidak butuh internet.



Post a Comment

Previous Post Next Post